BERBAGAI TANAMAN OBAT UNTUK DIABETES MELITUS

Posted by agus suwardi On 3 komentar
in English read here...
SAMBILOTO

(Andrographis paniculata Nees)

Sambiloto merupakan tanaman terna semusim yang masuk ke dalam familia Achanthaceae. Ciri yang paling mudah dikenali adalah seluruh bagian tanaman terasa pahit. Tinggi tanaman bisa mencapai 80 cm. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan biji.

Bagian tanaman yang digunakan adalah daun.

Caranya:

Sebagai obat diabetes, ambil sambiloto sebanyak kira-kira 5 gram daun segar, seduh dengan 1 gelas air panas (matang), setelah dingin lalu disaring. Hasil saringan kemudian diminum sehari 2 kali sama banyak, pagi dan sore setelah makan.


SALAM

(Eugenia polyantha Wight.)

Tanaman salam merupakan tanaman menahun yang masuk ke dalam familia Myrtaceae. Tinggi tanaman bisa mencapai 25 meter. Perbanyakan tanaman bisa dilakukan dengan biji, cangkok, stek.

Bagian tanaman yang digunakan adalah daun, namun kulit batang, akar dan buah juga berkasiat sebagai obat.

Caranya:

Untuk obat diabetes, ambil daun salam 7 lembar, rebus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah didinginkan lalu airnya diminum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.


KUMIS KUCING

(Orthosiphon spicatus B.B.S)

Tanaman Kumis Kucing adalah tanaman semak tahunan. Kumis Kucing termasuk dalam familia Lamiaceae. Tinggi tanaman bisa mencapai 150 cm. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun.

Caranya:

Untuk obat diabetes, ambil kira-kira 25 gram daun segar, cucia dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Hasil rebusan diminum sehari dua kali pagi dan sore. Setiap kali minum setengah gelas.


PULE.

(Aistonia scholaris R.Br.)

Tanama Pule adalah tanaman pohon , masuk dalam familia Apocinaceae. Tinggi pohon bisa mencapai 25 meter. Ciri-ciri tanaman, kulit kayu rasanya pahit. Cara pembiakannya dengan stek batang. Bagian tanaman yang digunakan adalah kulit batang.

Caranya:

Untuk obat kencing manis , ambil kulit batang sebanyak kira-kira 2 jari, dipotong-potong seperlunya, kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa air separuhnya. Setelah didinginkan, kemudian saring dan minum setengah jam setelah makan, dua kali sehari. Masing-masing sajian sebanyak ¾ gelas.


BUNGUR

(Lagerstroemia speciosa Pers.)

Tanam Bungur merupakan tanaman perdu atau pohon kecil, mauk ke dalam familia Lythraceae. Tinggi pohon bisa mencapai 7 meter. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun.

Caranya:

Cuci 8 lembar daun bungur segar hingga bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah didinginkan lalu saring dan minum sekaligus pada pagi hari.

JAMBU MEDE

(Anacardium occidentale L.)

Tanaman Jambu Mede merupakan tanaman pohon. Tinggi pohon bisa mencapai 12 meter, masuk dalam familia Anacardiaceae. Perbanyakan tanamana bisa dilakukan dengan biji, cangkokan atau okulasi

Bagian tanaman yang digunakan adalah kulit batang.

Caranya:

Cuci 15 gram kulit batang jambu mede sampai bersih lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gela saja. Setelah dingin, saring kemudian air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.


MAHONI

(Swietenia mahagoni Jacq.)

Tanaman Mahoni merupaka tanaman pohon. Tinggi pohon bisa mencapai 25 meter. Tanaman ini di Indonesia banyak tumbuh di pinggir jalan sebagai tanaman peneduh. Mahoni termasuk dalam

Familia Meliaceae. Bagian tanaman yang digunakan untuk obat adalah biji.

Caranya:

Seduh setengah sendok teh serbuk biji mahoni dengan 1/3 cangkir air panas. Minumlah selagi masih hangat 30 menit sebelum makan. Lakukan 2-3 kali sehari

Balai Penelitian Tanaman Obat (BPTO- Tawangmangu)

3 komentar:

infogue.com mengatakan...

artikel anda di

http://obat2-an.infogue.com/berbagai_tanaman_obat_untuk_diabetes_melitus

anda bisa promosikan artikel anda di www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia widget shareGue dan info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

meysha mengatakan...

thankz banget.. infonya berguna bwanged wat ayah Q yang sedang sakit..
trimmzz..

tigamulia berasorganik mengatakan...

terimakasih atas informasinya. informasinya sangat bermanfaat
http://jualberasorganik.net/

Photobucket

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Berlangganan lewat email

Google News