“PROBIOTIK BEDA DENGAN PREBIOTIK”

Saat ini banyak ditawarkan produk-produk atau susu yang diklaim mengandung bahan probiotik maupun prebiotik. Meski secara tidak langsung telah banyak dipublikasikan lewat produk-produk tersebut, namun kedua istilah tersebut belum dipahami banar oleh awam. Meski dari bahasa ada kemiripan, namun kedua itu memiliki arti yang berbeda. Secara sederhana probiotik dapat dijelaskan sebagai jenis bakteri posiitif yang ada dalam saluran percernaan manusia dan berfungsi menjaga ketahanan tubuh dari bakteri negatif. Sementara prebiotik adalah suatu bahan makanan yang dapat memberikan pengaruh menguntungkan bagi kesehatan karena dapat menstimulasi pertumbuhan dan aktifitas berbagai bakteri positif di dalmm saluran pencernaan kita.
Dalam bahasa sederhananya jika probiotik merupakan bakteri baik yang secara alamiah ada di dalam saluran pencernaan manusia seperti bakteri, asam laktak dan Bifidobakterium, maka prebiotik adalah bahan yang dapat bermanfaat untuk perkembangan bakteri positif di dalam saluran pencernaan tadi..
Pengaturan keseimbangan bakteri positif dan negatif salah satunya dengan mengkonsumsi makanan mengandung prebiotik tidak hanya akan membantu kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh, tapi juga dapat mencegah konstipasi, mengurangi insomnia, dan diduga memiliki pengaruh menguntungkan untuk keadaan stres ketika sakit.

0 komentar:

Photobucket

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Berlangganan lewat email