JANGAN SEMBARANGAN MINUM ANTIBIOTIKA

Posted by agus suwardi On 0 komentar
JANGAN SEMBARANGAN MINUM ANTIBIOTIKA

Selain memerhatikan aturan minum dan penyimpanan obat, sebaiknya beri perhatian khusus untuk obat golongan antibiotika, karena antibiotika tidak bisa dikonsumsi sembarangan, sebab ada efek sampingan membahayakan yang bisa terjadi jika sampai salah mengkonsumsi obat ini. Efeknya seperti resistensi kuman, alergi, supra infeksi, bahkan sampai syok anafilaktik.
Supaya terhindar dari efek samping tersebut, berikut ini cara menggunakan antibiotika;

1. Berdasarkan Resep Dokter.
Ketika merasakan gejala penyakit yang sama seperti sebelumnya, orang kerap membeli antibiotika langsung tanpa resep dokter. Cara ini memang lebih praktis dan hemat karena tidak perlu periksa dan membayar biaya dokter. Padahal, memutuskan membeli antibiotika sendiri, tanpa petunjuk dan resep dokter adalah tindakan yang salah. Sebab penyakit yang sama belum tentu dapat disembuhkan dengan bakteri yang sama.
Tanpa ada pemeriksaan dokter, bisa jadi jenis antibiotika yang dibeli tidak sesuai. Sehingga bukannya menjadikan bakteri mati, namun justru mengakibatkan terjadinya resistensi. Akibatnya, jika kemudian hari timbul penyakit yang membutuhkan antibiotika, kemungkinan tubuh Anda sudah mengalami resistensi.

2. Minum sampai habis.
Meminum antibiotika harus habis dalam satu masa sakit. Jika sebelum antibiotika habis sudah merasa sehat, antibiotika yang tersisa harus tetap dihabiskan. Hal ini untuk memastikan semua bakteri penyakit mati dan mencegah adanya bakteri yang tersisa yang dapat berkembang biak dan membentuk zat penangkal antibiotika.

3. Perhatikan waktu pemakaian
Kebanyakan masa kerja antibiotika antara 6-8 jam,sehingga harus diminum 3 kali sehari. Karena itu perhatikan interval waktu pemakaiannya. Jangan sampai meminum terlalu awal atau terlambat. Jika terlalu awal atau kurang dari interval waktu 6-8 jam, maka efektivitas terapinya akan turun, sedangkan jika telat atau lebih dari interval waktu 6-8 jam, dapat menyebabkan resistensi kuman.

4. Jangan Segan bertanya.
Jika merasa ragu dalam menggunakan antibiotika, jangan ragu untuk bertanya pada dokter atau apoteker. Hal-hal yang perlu ditanyakan, meliputi aturan minum dan efek samping.

0 komentar:

Photobucket

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Berlangganan lewat email