MANFAAT BAWANG PUTIH

Posted by agus suwardi On 1 komentar
Gambar: Wikipedia
Siapa tak kenal bawang putih? Bawang Putih atau Garlic yang punya nama latin Allium Sativum ini ternyata punya segudang manfaat bagikesehatan. Bagi Anda pecinta kuliner pasti tak asing lagi  dengan benda ini. Selain sebagai bahan dasar bumbu yang banyak dipergunakan sebagai bahan dasar pembuat cita rasa yang sangat gurih, ternyata bawang putih sejak jaman kuno telah diakui manfaatnya bagi kesehatan dan telah dipakai dari jaman dulu kala.

Sejarah telah mengungkapkan bahwa telah diketemukan banyak manfaat dari bawang putih selain sebagai bumbu dapur. Diantaranya,  yang menjadi paling populer adalah sebagai  anti-infeksi yang berguna  untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih memiliki antivirus, antibakteri, anti-jamur sifat yang memungkinkan untuk melawan semua infeksi. Kondisi kulit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau ragi dapat diobati dengan mengoleskan bawang putih cincang mentah pada daerah yang terkena.

Bawang putih telah dipelajari tidak hanya untuk itu kemampuan untuk melawan infeksi bakteri dan virus, tetapi juga infeksi dari mikroba lainnya termasuk ragi / jamur dan cacing. Salah satu substansi tertentu yang ditemukan dalam bawang putih yang disebut ajoene dengan ragi Candida albicans telah digunakan untuk membantu mencegah infeksi.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mencegah infeksi oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa pada pasien dengan luka bakar.

Dan tentu saja, bawang putih sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang mengandung kadar tinggi vitamin C dan diidentifikasi sebagai makanan anti-kanker yang serius. Karena kandungan kalium tinggi, dapat membantu dalam penyerapan nutrisi penting, dan membantu menghindari masalah pencernaan dan kelelahan juga. Bawang putih juga dapat membantu dalam masalah paru-paru dan tenggorokan karena bau tajam nya. Karena mengkonsumsi bawang putih dapat mengiritasi saluran pencernaan karena bau menyengat yang, sinyal perjalanan ke otak untuk melepaskan cairan encer di paru-paru untuk melawan properti tajam, sehingga membantu membersihkan paru-paru keluar dari batuk dan pilek.

Bawang putih adalah Pelawan Kanker yang Ampuh

Menambahkan lebih banyak manfaat kesehatan dari daftar bawang putih, bawang putih berperan dalam pencegahan kanker adalah mungkin salah satu yang paling terkenal. Para ilmuwan percaya bahwa anti-kanker yang luar biasa hebat  harus dilakukan dengan sering mengkonsumsi karena di dalam bawang putih terdapat zat yang  dikenal sebagai hidrogen sulfida. Zat inilah yang dipercaya dan sangat efektif untuk mencegah berbagai macam kanker termasuk, prostat, payudara, dan kanker usus besar.

Dari National Cancer Intitute FactSheet::

    "Beberapa studi populasi menunjukkan hubungan antara peningkatan asupan bawang putih dan penurunan risiko kanker tertentu, termasuk kanker perut, usus besar, esofagus, pankreas, dan payudara."

Satu studi dari National Cancer Institute menemukan bahwa makan 10 gram (sekitar dua sendok teh) atau lebih bawang putih, bawang merah atau bawang setiap hari secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Tapi ini bukan satu-satunya jenis bawang putih dapat mencegah kanker.

Penelitian lain yang dilakukan di Case Western Reserve University menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi tingkat terjadinya pra-kanker tumor (polip) di usus besar.

Selanjutnya menampilkan bawang putih sebagai salah satu dari banyak makanan pelawan kanker, studi populasi beberapa lainnya yang dilakukan di Cina juga menemukan bahwa konsumsi bawang putih sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kerongkongan dan perut. Semain banyak konsumsi terhadap bawang putih maka resiko terhadap kanker akan semakin menurun..

Bawang putih Mencegah Terjadinya Peradangan, Melindungi Terhadap Berbagai Macam Kondisi

Penelitian menunjukkan bahwa anti-inflamasi senyawa dalam bawang putih juga bisa mendapatkan keuntungan sistem muskuloskeletal dan sistem pernapasan. Dua konstituen yang mengandung sulfur dalam bawang putih, sulfida diallyl (DAS) dan thiacremonone, memiliki anti-rematik sifat. Bawang putih juga telah ditunjukkan untuk meningkatkan kondisi peradangan ketika mengacu pada peradangan alergi saluran napas.

Anehnya, yang mengandung sulfur senyawa dalam bawang putih bahkan dapat membantu aspek inflamasi dari obesitas. Sel-sel lemak tidak dapat tumbuh 100% kecuali mereka mampu bergerak dari tahap awal disebut "preadipocytes" ke tahap yang disebut "adiposit.", Berkat salah satu senyawa sulfur dalam bawang putih, bawang putih menghentikan pertumbuhan ini. Senyawa sulfur adalah 1,2,-vinyldithiin, atau 1,2-DT, dan dampak dari 1,2-DT tampaknya peradangan terkait. Ini menarik karena peradangan sering dianggap sebagai bagian dari obesitas.

Bawang putih untuk Detoksifikasi

Salah satu dari banyak manfaat kesehatan dari bawang putih, makanan ini juga dapat digunakan untuk detoksifikasi - suatu metode yang sangat penting setiap orang harus lakukan untuk membersihkan tubuh dari racun. Kandungan bawang putih berupa sulfur senyawa dikenal mampu mengaktifkan enzim hati  yang bertugas mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu keberadaan allicin dan selenium, yang aktif ternyata sangat penting  peranannya guna mencegah terjadinya kerusakan hati

Satu hal yang  juga penting untuk dicatat bahwa banyak kanker yang diduga disebabkan oleh kerusakan DNA akibat  dari  racun lingkungan. Salah satu studi yang dilakukan di Fred Hutchinson Cancer Research Center menemukan bahwa mengonsumsi satu sendok teh bawang putih segar dan setengah cangkir bawang per hari bisa mengeluarkan racun dalam sel-sel darah akibat peningkatan produksi enzim toksin.

Manfaat Bawang Putih Lainnya.

    Sakit gigi – Banyak kalangan dokter gigi telah merekomendasikan bawang sebagai salah satu solusi untuksakit gigi mereka, penggunaan bawang putih telah diwariskan selama bertahun-tahun untuk mengobati masalah ini, senyawa antibiotik yang disebut allicin adalah apa yang memberikan kemampuan bawang putih ini. Ketika bawang putih dihancurkan, senyawa ini dilepaskan, membantu untuk memperlambat aktivitas bakteri  . Caranya adalah ambil  bawang putih  atau atau yang telah dihaluskan dan letakkan pada daerah yang sakit, biarkan beberapa saat. Meski akan terasa agak panas namun lama kelamaan rasa sakit pada gigi akan berangsur hilang. Ulangi beberapa kali hingga betul-betul sama sekali sembuh ari rasa sakit. Nisacaya gigi Anda akan kembali baik

    Mengusir nyamuk - Meskipun tidak penjelasan yang bisa dijabarkan namun ada sejarah dikalangan orang-orang jaman dahulu bahwa bawang putih ternyata salah satu benda yang penting yang sangat ampuh untuk mengusir berbagai  jenis serangga.  Bawang putih memiliki reputasi untuk melindungi orang-orang dari gigitan nyamuk, khususnya.

    
Kutil - Hancurkan satu siung bawang putih, oleskannya pada kutil, dan tutup dengan perban. Setiap malam sebelum tidur. Ulangi setiap dua hari sekali.

    
Sakit telinga - Campur sedikit minyak wijen dengan bawang putih cengkeh dan kemudian hangatkan dalam panci. Setelah itu, gunakannya sebagai obat tetes telinga. Tunggu hingga kurang lebih 10 menit untuk mengulangi yang kedua kali.

    
Batuk – Rebus beberapa siung bawang putih lalu minum sebagaimana kita minum air teh. Selain akan membuat Anda lebih mudah untuk bernapas, tetapi juga akan membantu untuk mengurangi rasa gatal akibat batuk .


    
Hidung tersumbat - Bawang putih merupakan salah satu bahan dalam salah satu pengobatan rumah yang paling populer untuk hidung tersumbat, atau disebut juga sebagai ramuan : teh tomat. Teh tomat adalah jauh metode yang paling efektif  yaitu dengan cara , memberikan uap dan panas untuk membersihkan sinus, serta tambahan  vitamin C dan dorongan untuk sistem kekebalan tubuh. Campurkan bahan-bahan berikut dalam baskom kemudian panaskan di atas kompor sampai mendidih.
        
1 cangkir jus tomat
        
1 sdt bawang putih segar
        
½ sdt saus panas
        
1 sdt air jeruk lemon
        
Sejumput garam laut atau seledri

-

Perlakuan yang salah pada bawang putih ternyata bisa mengurangi efektifitas kerja dan khasiat dari bawang putih. Segeralah memotong dan memasak bawang putih yang telah dicincang untuk menghindari reaksi senyawa sehat bawang putih dari suhu udara disekitarnya. Dianjurkan memotong bawang putih pada suhu kamar dan memasaknya pada suhu yang sedang . Selain itu, jangan memasak bawang putih di panas tinggi – ada baiknya mencob memakan mentah atau dimasak sebentar saja.

Bawang putih mentah dapat digunakan untuk membunuh bakteri, namun bawang putih dimasak memiliki potensi lebih dalam menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Jika Anda khawatir tentang bawang putih menyebabkan nafas berbau kurang sedap, Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengkonsumsi bawang putih yang telah dikemas dalam pil atau kapsul. Jika Anda ingin mengalami manfaat kesehatan dari bawang putih dan mencegah bau dengan cara yang berbeda, mengkonsumsi bawang putih dengan peterseli.
Terakhir, banyak penelitian tentang bawang putih sebagai antibiotik telah mengubahnya menjadi bentuk yang lain dari bentuk asalnya berupa ekstrak bawang putih segar atau produk bawang putih bubuk .  Dapatkan manfaat luar biasa dari bahan baku makanan sehat di sekitar kita.
Terjemahan bebas dari , http://naturalsociety.com/benefits-of-garlic/

1 komentar:

obat mata herbal mengatakan...

wah trnya manfaatx banyak y..

Photobucket

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Berlangganan lewat email

Google News